Pages - Menu

31 Oktober 2016

Sabar Dalam Batas

5386-danbo-on-the-street-1680x1050-digital-art-wallpaper

Pepatah bilang kalau sabar itu tidak ada batasnya, jika sudah menyerah berarti kita tidak sabar(kalah). Tetapi disini menurut saya sabar harus ada batasnya. Karena kita makhluk hidup, apapun yang terjadi hidup harus jalan terus. Terlebih jika kita hanya menunggu, menerima, pasrah apa akan selesai semuanya begitu saja? Tentu tidak.

Menunggu ketidakpastian sangatlah tidak enak, sedang hidup harus tetap berjalan. Di dalam ketidakpastian yang kita tidak tau ujungnya, apakah kita harus bertahan dan bersabar? Bagaimana jika ujung itu tidak kita temukan? Ya pasti kecewa. Teramat kecewa, terlebih kita hanya manusia biasa yang mempunyai rasa sakit.

Sebagai contoh seseorang yang belum mendapatkan pekerjaan, sedang hidup terus berjalan. Keperluan banyak. Apakah kita harus tetap bersabar meskipun pekerjaan itu tak kunjung datang? Ya kita memang harus sabar, tetapi bersabar tanpa ada perubahan mungkin pekerjaan itu tidak akan kita dapatkan. Terus jika seperti ini apakah selama hidup kita harus bersabar menunggu pekerjaan itu datang? Tentu tidak kan. Ada begitu banyak cara lain selain bersabar yang belum terlihat ujungnya.

Sabar adalah kata yang mudah kita tulis, ucapkan dan kita dengar. Tapi sabar merupakan sesuatu yang tidak gampang untuk kita jalani. Bersabarlah selagi kita mampu bersabar. Tetapi jika sabar itu telah habis berarti pengorbananmu telah teramat sakit untuk hal tersebut.

Wajar kita manusia mempunyai rasa itu, lepaskanlah dengan hal yang bisa membuat kamu jauh lebih tenang. Jangan dipaksakan, karena sabar menurut saya ada batasnya. Batas untuk terus melupakan semua persoalan hingga kita bisa tersenyum bahagia. Walaupun dengan melupakan persoalan itu, persoalan itu tidak akan hilang dari kita.

Sabar memang sikap yang perlu semua orang punya. Tapi menurut saya sabarlah dalam batas wajar, silakan mau marah, emosi, kesal asal semuanya dalam batas wajar kita. Itu semua hal yang manusiawi. Hanya kita sendiri yang tau bahwa diri kita  masih bisa sanggup bersabar atau tidak. Jangan dipaksakan bersabar untuk orang lain, karena jiwa kita pun perlu sehat :)
Karena kita masih perlu melewati perjalanan panjang hidup kita dengan akal dan pikiran yang sehat, hingga akhirnya kita menuju akhir hidup kita .........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar