Pages - Menu

11 November 2016

Pengalaman Melahirkan Caesar


Sehari sebelum saya akan operasi caesar, saya sudah mempersiapkan diri saya agar saya bisa tenang dalam operasi besok. Karena saya yang menginginkan proses ini, maka saya yakin bisa menghadapi persalinan besok. Ya operasi caesar, seperti yang saya ceritakan sebelumnya pada postingan Ketakutan Melahirkan.


Esok harinya, waktu subuh saya beserta suami dan keluarga pergi ke RSB tempat saya akan menjalani persalinan. Sepanjang perjalanan ga bisa dibohongi, saya mendadak tegang dan takut. Tapi sekaligus senang, karena dalam hitungan beberapa jam lagi saya akan bertemu anak yang selama 9 bulan ada dirahim saya.

Setiba di RSB, saya di cek semuanya. Dimulai dari tensi darah, kandungan dan tentunya hasil tes darah sehari sebelumnya yang saya lakukan. Setelah semua oke, dimulailah proses menuju operasi caesar.

Lalu saya mulai berganti baju operasi, kemudian suster menginfus tangan saya, lalu memasang kateter. Saya sempat nangis ketika pemasangan kateter ini, karena itu sangat sakit. Setelah hampir setengah jam-an menunggu, akhirnya saya masuk ruang operasi.

Deg-degan ketika pertama kali saya masuk ruang operasi. Tapi ketika itu juga saya yakin bisa melewati proses ini. Lalu sebelum operasi dimulai, saya disuntik dibagian tulang punggung. Dan itu rasanya sangat sangat sakit lebih daripada pasang kateter tadi.hehe. Terlebih saya disuntik bagian itu harus beberapa kali, karena menurut dokter tulang punggung saya bengkok jadi agak susah menembus ke tulang obat biusnya. Saya kurang tau bahasanya kurang lbh seperti itu karena saya juga tidak fokus mendengarkan yang dokter bilang pada waktu itu.

Setelah suntik bagian tulang punggung saya berhasil, saya mulai merasakan kebal dari mulai perut sampai kaki saya. Lalu saya ditidurkan, dan para dokter mulai bertindak dengan perut saya. Tidak terasa apa-apa pada saya selama proses tersebut. Yang terasa hanya perut serasa digoyang-goyang ketika proses mengeluarkan bayinya.

Tak lama kemudian terdengarlah tangisan bayi yang sangat kencang. Saya langsung menangis pada waktu itu. Lalu ketika masih proses operasinya dokter bilang "selamat ya bu anak ibu perempuan sehat". Rasanya senang dan lega ketika mendengar itu.




Kurang lebih setengah jam, proses operasi selesai. Saya lalu dibawa ke ruang pemulihan dulu. Setelah semua dirasa normal saya lalu dipindahkan ke ruang perawatan. Diruang perawatan inilah pertama kalinya saya melihat bayi saya secara dekat. Bahagia bisa melupakan kesakitan habis operasi caesar.

Setelah beberapa jam dari operasi caesar, obat kebal saya pun mulai hilang. Rasa cenat cenut dibagian perut mulai terasa. Ya ini mungkin yang dinamakan kalau operasi caesar yang kerasa justru setelah melahirkan. Dan saya merasakannya.

Setelah operasi, saya harus mulai berlatih tidur miring kanan kiri lalu dilanjutkan dengan latihan jalan. Dan itu sangat sakit. Tapi Alhamdulillah semua proses itu telah saya lalui dengan lancar. Hingga akhirnya saya pulang dari RSB dan merawat anak saya sampai sekarang :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar